Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Sejarah Basketball

Olahraga bola basket pertama kali diciptakan oleh Prof. Dr. James A. Naismith salah seorang guru pendidikan jasmani Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Massachusets, Amerika Serikat pada tahun 1891. Gagasan yang mendorong terwujudnya cabang olahraga baru ini adalah ketika anggota merasa bosan untuk mengikuti gerakan senam yang kaku, sehingga mengalami kemerosotan pada waktu itu. dan juga kebutuhan olahraga saat musim dingin sangat tinggi.

Dr. Luther Gullick, pengawas kepala bagian olahraga di sekolah itu merasakan gejala yangg kurang baik akibat kemerosotan itu, akhirnya dia menghubungi
Prof. Dr. James A. Naismith dan memberi tugas padanya untuk mengatasi masalah itu. Dalam menghadapi tugas yang diberikan padanya, Prof. Dr. James A. Naismith mempunyai pemikiran untuk menciptakan program olahraga yang tidak ada unsur kekerasan, menendang dan menjegal serta dapat dimainkan dalam ruangan tertutup. Berbagai macam eksperimen dilakukannya dengan cara mencari ide dari permainan baseball, volli, dan sepakbola, akan tetapi tidak ada yang cocok dengan yang diinginkannya karena olahraga tersebut terlalu keras untuk dimainkan di dalam ruang tertutup yang berlampu. 
dari hasil percobaan yang dia lakukan, Prof. Dr. James A. Naismith mendapat kesimpulan bahwa dia harus menghilangkan gawang sebagai sasaran dan juga kegiatan menendang dan menggantinya dengan menggiring bola (dribble) serta mengoper bola dengan tangan. Begitu juga gawangnya dipersempit dan berada di atas pemain sehingga tidak diperlukan kekerasan untuk memasukkan tapi butuh keakuratan dalam memasukkannya. 

Akhirnya dia mencoba hasil pemikirannya itu, dan ring pertama yang dia gunakan adalah keranjang (basket) buah persik yang kosong sebagai sasaran tembak dan terus mengalami perkembangan sampai saat ini lebih dikenal dengan Basketball.




sumber :http://belajarbasket.weebly.com/sejarah-basket.html
Tag : Artikel, Sport
0 Komentar untuk "Sejarah Basketball"

Back To Top