Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Energi Terbarukan

Setiap kehidupan manusia tidak pernah lepas dengan yang namanya energi.
Pengertian energi itu sendiri adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menghasilkan kerja. Sebenarnya masih banyak sekali pengertian tentang energi, tergantung bagaimana cara kita untuk mengartikannya.
Dari pengertian energi tersebut, kita dapat bernalar bahwa terdapat berbagai macam energi di dunia ini, mulai dari energi listrik, panas, gerak hingga energi potensial dan energi mekanik.
Energi tentunya tidak pernah lepas dengan hukum kekekalan energi yang berbunyi:"Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan".

ENERGI TERBARUKAN
Saat ini topik ini sedang marak diperbincangkan. Hal ini dikarenakan stok energi yang semakin menipis, terutama sumber energi fosil yang sudah hampir habis. Cara yang paling bijak untuk menangani masalah ini adalah beralih pada energi terbarukan (renewable energy).

APA ITU RENEWABLE ENERGY
Energi terbarukan (renewable energy) adalah energi yang menggunakan sumber energi tidak terbatas. Dewasa ini, energi terbarukan sudah mulai dikembangkan di setiap negara, terutama Indonesia.
Sumber energi terbarukan yang sudah ada terdiri dari:

- PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
Pembangkit listrik jenis ini memanfaatkan tenaga air untuk menghasilkan listrik. Sistem kerjanya adalah memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh aliran air. Biasanya air ditampung terlebih dahulu di sebuah waduk yang nantinya akan dialirkan dan akan memutar turbin untuk menggerakkan generator. Generator itulah yang nantinya akan mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Kemudian listrik yang dihasilkan akan diproses dan akhirnya dialiri ke rumah-rumah.

- PLTG(pembangkit Listrik Tenaga Gas)
Sebenarnya cara kerja pembangkit ini hampir sama dengan pembangkit lainnya. yaitu dengan cara memutar turbin terlebih dahulu yang kemudian energi gerak yang dihasilkan akan diubah menjadi energi listrik oleh generator. Namun, bedanya adalah, pembangkit ini menggunakan tenaga gas untuk memutar turbin.

- PLTW(Pembangkit Listrik Tenaga Angin)
Pembangkit listrik tenaga angin menurut saya adalah pembangkit yang paling sederhana. Pembangkit ini hanya memanfaatkan tenaga angin untuk dapat memutar turbin. Biasanya menggunakan kincir angin untuk memutar turbin. Namun, kelemahan dari pembangkit yang satu ini adalah, membutuhkan tenaga angin yang besar sehingga hanya cocok digunakan pada negara yang mempunyai intensitas angin yang tinggi seperti Belanda.

- PLTU(Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
Prinsip kerja dari pembangkit listrik tenaga uap ini adalah memanfaatkan tenaga uap untuk memutar turbin yang nantinya akan menghasilkan energi gerak. Energi gerak tersebut kemudian akan diubah menjadi energi litrik oleh bantuan generator.

- PLTS(Pembangkit Listrik Tenaga Surya)
Pembangkit listrik tenaga matahari atau tenaga surya adalah salah satu energi terbaruka yang paling banyak digunakan. Karena sinar matahari di Indonesia dapat dibilang terik, maka kebanyakan oran memilih pembangkit jenis ini.
1

Pembangkit ini menggunakan sel surya yang disusun secara seri membentuk modul surya yang berfungsi menangkap cahaya. Cahaya yang diterima kemudian diproses menjadi energi listrik (DC) oleh alat tertentu, kemudian tegangan DC (searah) ini diubah menjadi tegangan AC (bolak balik) dengan menggunakan inverter. Dan listrik siap untuk digunakan.

Masih ada beberapa energi terbarukan lainnya. dan mungkin suatu saat nanti akan ada energi terbarukan yang baru karya anak bangsa. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jika ada yang ditanyakan, silahkan berkomentar.
Terima kasih.
Tag : Artikel, techno
0 Komentar untuk "Energi Terbarukan"

Back To Top