Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Hati-hati Dengan Ibadah Anda

grahakamal.blogspot.com - Shalat merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh orang islam. Selain ibadah wajib, shalat juga merupakan cara kita untuk berinteraksi dengan Sang Pencipta. Ada bacaan-bacaan yang memang harus dibaca ketika shalat dan juga ada bacaan yang tidak harus dibaca namun jika dibaca akan menambah nilai baik (pahala) pada ibadah shalat kita. Bacaan yang demikian disebut sunnah.
Meskipun begitu, tidak banyak orang yang melupakan ibadah sunnah bahkan melupakan kewajiban dalam shalat. Hal ini bisa dkarenakan oleh berbagai faktor, entah itu memang lupa, kurangnya konsentrasi saat shalat atau memang kurang pengetahuan yang mendalam tentang shalat.
Untuk itu saya membuat artikel ini untuk mengingatkan para pembaca agar tidak lagi lupa sehingga shalatnya bisa sempurna.
Berikut ini adalah yang sering dilupakan ketika shalat.

1. DO'A IFTITAH
Do'a iftitah (pembuka) adalah do'a yang dibaca setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat al-fatihah. Do'a ini termasuk kesunnahan dalam shalat. Namun meskipun begitu, kesunnahan dalam menambah nilai untuk ibadah kita.

2. DO'A KETIKA RUKU' DAN SUJUD
Kedua do'a masing-masing dibaca tiga kali namun bacaannya berbeda. Seperti halnya do'a iftitah, kedua do'a ini merupakan kesunnahan. Namun, tidak jarang orang yang meninggalkannya, entah karena malas membacanya sebanyak tiga kali atau karena lupa.

3. DO'A KETIKA I'TIDAL
I'tidal adalah dimana kita bangun dari ruku' dan berdiri tegak kembali. Ada do'a tersendiri ketika i'tidal yang juga merupaka kesunnahan dalam shalat. Do'a ini juga sering ditinggalkan karena terburu-buru atau hanya malas.

4. TUMA'NINAH
Menurut saya, hal ini paling sering ditinggalkan oleh kebanyakan orang. Tuma'ninah adalah diam sejenak ketika akan berpindah dari suatu rukun ke rukun yang lain. Hal ini merupakan fardhunya shalat yang wajib dikerjakan. Apabila ditinggalkan, maka shalat kita tidak sah. Kebanyakan orang yang meniggalkan fardhu yang satu ini dikarenakan terburu-buru dan ingin segera selesai.

5. MEMBACA TA'AWWUDZ
Sebelum shalat kita disunnahkan untuk membaca kalimat ta'awwudz (a'udzubillahi minassyaithani rrojim). Membaca ta'awwdudz ini dimaksudkan untuk meminta perlindungan kepada Allah dari godaan syaithan saat shalat, yang sesuai dengan arti kalimat itu sendiri.

6.   MEMBACA DUA KALIMAT SYAHADAT
Pada saat shalat tentunya kita harus dalam keadaan masih islam. Oleh karena itu disunnahkan membaca dua kalimat syahadat ketika berdiri akan menunaikan shalat. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi keadaan kita, karena dikhawatirkan kita murtad secara tidak sengaja.

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang sering ditinggalkan saat shalat. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengingat sehingga bisa menambah kualitas ibadah kita dan menjadi manusia yang sempurna di hadapan Sang Pencipta.
Jika ingin menambahkan, bertanya, atau hanya meninggalkan jejak, silahkan berkomentar.
1 Komentar untuk "Hati-hati Dengan Ibadah Anda"

intinya kita harus beribadah dengan keadaan khusuk..

Back To Top