Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

5 Dampak Negatif Clash of Clans

Bagi kalian yang suka sekali bermain game online android, pasti sudah tidak asing lagi dengan game Clash Of Clans. Ya, game yang satu ini sudah banyak sekali dimainkan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa.
Namun tahukah anda, selain menyenangkan, game ini juga memiliki dampak buruk bagi orang yang memainkannya terus-terusan. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda menghapus instalan atau tidak menginstall sama sekali permainan ini.

1. Hidup tidak tenang

Diakui atau tidak, orang yang sudah kecanduan permainan yang satu ini pasti tidak ingin terpisah dengan gadgetnya. Ini karena orang tersebut selalu ingin tahu perkembangan dan apa yang terjadi pada base miliknya, apalagi jika base miliknya tidak memiliki shield, memiliki loot banyak dan juga semua builder kerja. Orang tersebut mungkin akan selalu punya pikiran : "apakah coc gua diserang? kena rampok gak ya? bangunnya masih lama gak ya ?" , dan masih banyak lagi.

2. Bergantung dengan listrik

Membuka game Clash of Clans terus-menerus dapat menyebabkan batterai smartphone anda cepat habis, sehingga pecandu game yang satu ini tidak bisa jauh dari sumber listrik. Biasanya mereka memiliki Powerbank dengan kapasitas besar agar tidak kehabisan batterai ketika sedang bermain, bahkan tidak jarang pula orang yang memakai gadget lebih dari satu sebagai cadangan ketika satunya habis daya.

3. Boros

Ini adalah masalah yang cukup serius bagi pecandu game Clash of Clans yang sering dialami. Dalam game ini, makin tinggi level TownHall-nya, makin lama pula waktu untuk menunggu pembangunannya selesai. Bisa berjam-jam, berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Selain itu, jumlah resource yang dibutuhkan tidaklah sedikit.
Agar dapat menangani hal diatas, kita bisa mempercepat pembangunan dengan memakai Gems yang bisa dibeli dengan uang asli. Namun, harga gems di Indonesia bisa dibilang mahal. Belum lagi jika membeli gems dengan pulsa, kamu bisa dikenai PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10%.

4. Antisosial

Dampak buruk yang lainnya juga bisa berimbas pada orang lain, yaitu pemain COC bisa menjadi orang yang tidak peduli pada lingkungan sekitar. Seperti poin pertama tadi, orang tersebut cenderung tidak bisa lepas dari gadgetnya dan membuka aplikasi game ini terus-menerus. Contohnya ketika sedang ada acara reuni, orang tersebut akan lebih fokus pada gamenya daripada lingkungan sosial yang sedang mengadakan acara reuni di sekitarnya.

5. Penyakitan

Tidak menutup kemungkinan juga pemain COC untuk terserang gangguan kesehatan. Penyakt yang mungkin paling sering diderita oleh pemain adalah kurang tidur dan insomnia. Insomnia adalah penyakit dimana orang yang menderita penyakit ini akan sulit untuk tidur dan tidak bisa tidur dalam waktu yang lama. Penyakit insomnia dapat menyebabkan penderitanya memilik kondisi tubuh yang tidak fit.
Selain itu, ada lagi penyakit lain yang bisa terjjadi pada pemain COC, yaitu gangguan penglihatan dan kelainan postur tubuh dan masih banyak lagi.

Demikianlah dampak-dampak buruk yang bisa terjadi pada pecandu game Clash of Clans. Sekedar saran dari penulis, Tidak ada salahnya bermain jika hanya utnuk melepaskan rasa penat dan bosan, tapi jangan sampai berlebihan apalgi kecanduan. Karena segala sesuatu yang dilakukan berlebihan akan menimbulkan hal yang tidak baik.

Terima kasih sudah membaca ^^
2 Komentar untuk "5 Dampak Negatif Clash of Clans"

dan yg pasti butuh paketan....

oh ya coba di kirim kevivalog sekiranya artikelmu original siapa tahu di publish biar rame,

Back To Top