Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Algoritma dan Pemrograman - Pengenalan Bahasa C

Slamat malam teman-teman yang berbahagia. Malam ini saya tidak akan bercerita kisah pribadi saya, melainkan saya akan berbagi sedkit ilmu tentang algoritma dan pemrograman yang sya pelajari di kampus. Memang sih, saya tidak begitu mahir dalam masalah pemrograman, dan juga tidak bisa dibilang bodoh sangat dalam program memrogram, lebih tepatnya saya berada pada level standar mahasiswa lainnya.
1
Sebelumnya mungkin kalian asing dengan apa itu algoritma dan pemrograman, akan tetapi ada juga yang sudah mengenalinya. Nah, sebenarnya gambaran umum dari algoritma dan pemrograman adalah sebuah kode-kode untuk menjalankan suatu perintah, atau untuk membuat suatu program atau juga bisa membuat suatu sistem yang terstruktur. Itulah pengertian algoritma dan pemrograman menurut saya.
Dalam bahasa C, Ada beberapa hal yang mendasar dan harus kalian ketahui apabila kalian ingin mendalami ilmu ini. Antara lain:

1. Baris komentar

Baris komentar adalah sebuah tulisan dalam suatu program yang tidak ikut tereksekusi. Tulisannya bebas sesuai keinginan kalian, dan biasanya komentar digunakan untuk menjelaskan maksud dari kodingan itu sendiri. Untuk membuat suatu komentar kalian cukup memberi tambahan tanda // atau /* .... */ (ganti titik titik tersebut dengan tulisan yang anda inginkan).

2. Struktur atau bentuk bahasa C

Tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, bahkan bisa dibilang sama. Program C memiliki struktur sebagai berikut:
judul program

hanya untuk memberi nama dan biasanya berbentuk komentar di awal program. Gunanya agar programmer tidak kebingungan membaca program tersebut.

daftar header file

 Bahasa C menyediakan berbagai header file yang umumnya berisi prototype fungsi, definisi makro, variabel dan definisi type. biasanya diakhiri dengan .h , contoh: #include<stdio.h>

deklarasi

 Ini adalah salah satu bagian yang tidak boleh terlewatkan dalam sebuah program, karena deklarasi dapat dianalogikan bahwa kita memberi tahu atau mengenalkan pada komputer tentang apa saja yang akan kita pakai nantinya dalam sebuah program. Deklarasi ini bisa terdiri dari variabel, konstanta, type data danlain-lain.

deskripsi

Bagian selanjutnya yang juga tidak kalah pentingnya adalah deskripsi. Jika tadi mengenalkan, deskripsi adalah bagian utama dari sebuah program dimana kita menulis perintah-perintah yang nantinya akan dijalankan.

3. Variabel

Variabel dalam program digunakan untuk menyimpan nilai tertentu dimanan nilaii tersebut dapat berubah-ubah. Setiap variabel terdiri dari type data dan nama variabel itu sendiri. Dapat juga ditulis berurutan jika type datanya sama dengan dipisah tanda koma.
Contoh : int jumlah, harga;

int di atas adalah contoh type data, sedangkan jumlah dan harga adalah nama variabel. Type data tidak boleh diubah-ubah, sedangkan variabel anda bebas memakai nama apa saja.

4. Konstanta

Berbeda dengan variabel yang keadaannya bisa berubah-ubah, konstanta tidak bisa berubah dan memiliki nilai yang tetap. Contoh
const int m=8;

Oke saya rasa cukup sampai disini dulu, sudah hampir larut malam dan saya harus segera istirahat. Sampai jumpa lagi dan terima kasih.
2 Komentar untuk "Algoritma dan Pemrograman - Pengenalan Bahasa C"

salam kenal..
visit balik ya http://soloweb.co.id ..thanks

oke bro, kunjungi juga blog film ane , klik aja gambar filmcorner95 di samping kanan warna biru itu

Back To Top