Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Kebersamaan Krupuk Pasir

Malam hari...
Pada umumnya dijadikan waktu yang paling tepat untuk beristirahat karena kelelahan bekerja pada siang harinya. Namun, tidak sedikit pula orang yang menikmati anugerah malam hari untuk berkumpul bersama teman. Entah itu hanya duduk santai, jalan-jalan, bahkan nongkrong bersama teman-teman.
Berbicara mengenai nongkrong bersama teman, kurang lengkap rasanya jika tidak ada cemilan yang menemani setiap obrolan malam. Dan biasanya, cemilan yang dipilih adalah gorengan dengan ditemani secangkir kopi atau minuman lainnya. Gorengan yang dipilih biasanya krupuk, tahu isi dan pisang goreng. Namun, di daerah Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, ada krupuk yang unik. Dikatakan unik karena menggorengnya tidak dengan minyak goreng pada umumnya, melainkan dengan pasir. Teknik menggoreng ini biasa kita sebut sangrai.

Jika dilihat cara menggorengnya, masih sangat tradisional dan bisa dikategorikan rendah kolesterol karena tidak digoreng dengan minyak. Selain itu, krupuk yang digorengpun berbeda dengan krupuk pada umumnya. Dari segi rasa, bentuk dan aromanya beda dari yang lain. Biasanya bahan baku krupuk Kwanyar ini adalah udang. Krupuk khas Kwanyar bungkus plastik ukuran sedang dibandrol seharga Rp. 2.500, sedangkan yang besar biasanya Rp. 5.000. Itupun jika harganya tidak naik, mengingat udang makin sulit didapat oleh nelayan yang mengakibatkan harga bahan bakunya mahal.
Jika anda pergi ke Madura, akan terasa rugi jika tidak membeli dan mencoba panganan khas satu ini. Anda akan dibuat ketagihan dengan renyah dan gurihnya si krupuk Kwanyar. Biasanya Krupuk ini banyak di jajakan di sepanjang jalan Kwanyar barat sampai Kwanyar timur. So, sampai jumpa di Kwanyar.
0 Komentar untuk "Kebersamaan Krupuk Pasir"

Back To Top