Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Kerja Praktek PT. Petrokimia Gresik

Salam bagi kalian semua, para pembaca budiman blog kesayangan kita semua... Rasanya sudah lama jari-jari saya tidak menari-nari di keyboard laptop, mata yang mantengin layar laptop untuk sekedar berbagi dengan kalian semua.
Hal yang ingin saya bagikan kali ini adalah cerita saya pada masa-masa Praktek Kerja Lapangan di PT. Petrokimia Gresik.
Siapa yang tidak tahu PT. Petrokimia Gresik? mulai dari kalangan petani (karena memang perusahaan pupuk) hingga bisnisman juga pasti tahu perusahaan ini. Perusahaan produksi pupuk yang ada di kawasan Kebomas Gresik ini merupakan produsen pupuk terbesar di jawa timur bahkan isunya terbesar se-Asia Tenggara. Hal ini menarik saya untuk dapat Kerja Praktek di perusahaan ini.
Perusahaan ini tentunya menyediakan tempat bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin melaksanakan kerja praktek atau Tugas Akhir, dan saya tidak mau melewatkan kesempatan ini, yah memang peluang diterimanya cukup sulit karena banyaknya mahasiswa dan pelajar lain yang juga ingin malakukan kerja praktek di PT. Petrokimia Gresik. Maka dari itu, saya sarankan jika kalian ingin kerja praktek disini (petro), kalian harus bisa gerak cepat agar tidak keduluan orang lain.
Prosedur awal untuk melakukan kerja praktek di PT. Petrokimia gresik adalah pengiriman proposal. Proposal sangat penting sebagai syarat utama untuk mendaftarkan regu atau kelompok kalian untuk melaksanakan kerja praktek di sini. Proposal yang kalian buat harus jelas dan dapat mendeskripsikan tujuan kalian nanti pada saat kerja praktek. Jangan lupa pula cantumkan data diri anda, biasanya kami sebut itu dengan Curriculum Vitae. Jangan sampai salah mengirim proposal anda dengan buku harian anda karena itu dapat menyebabkan rasa malu yang berlebihan.
Selain mengirim proposal, saya juga menyarankan anda untuk menghubungi pihak perusahaan lebih dulu sebelum mengirim proposal dan kalau bisa datang langsung untuk menunjukkan keseriusan anda.
Setelah mengirim proposal, jangan lupa untuk terus menanyakan perkembangan kepastian kita sudah diterima atau tidak. Tenang saja, customer servicenya baik baik kok, jadi jangan malu untuk terus bertanya via telepon, siapa tahu juga jadi cinta, secara witing trisno jalaran soko kulino kata orang jawa.
Jika anda sudah dinyatakan diterima kerja praktek disana, anda akan dapat surat balasan dari pihak perusahaan via faksimile yang tentunya menerangkan bahwa anda sudah diterima untuk kerja praktek. Namun, jika anda belum dapat surat balasan, teruslah menghubungi pihak perusahaan agar segera diberi kepastian, kecuali anda tahan untuk lama-lama di PHP.
Setelah itu anda biasanya diharuskan datang ke perusahaan untuk menghadiri acara pra diklat. acara ini menurut saya cukup penting agar anda mengenal seluk beluk perusahaan sebelum anda memulai kerja praktek.
Setelah pra diklat, tentu saja ada juga acara Diklatnya. diklat biasanya berlangsung selama seminggu pada hari kerja, berarti sabtu minggu tidak termasuk. kalian diharuskan hadir dalam acara ini, karena ada banyak sekali materi-materi yang penting yang akan disampaikan saat diklat, seperti peraturan perusahaan dan larangan-larangan. Kalian tidak perlu khawatir, ada snack yang dapat anda nikmati pada saat acara berlangsung dan dijamin enak-enak.
Setelah kalian melalui masa-masa diklat, tibalah waktunya kalian fokus untuk kerja praktek di bagian masing-masing dengan pembimbing yang sudah ditentukan. Selama kalian KP, jangan malas untuk mencari referensi laporan di perpustakaan Petrokimia, jika tidak tahu tempatnya, kalian bisa tanya satpamnya. Oh ya, jangan lupa pakailah selalu KIKP (Kartu Identitas Kerja Praktek) jika kalian masuk area perusahaan dan peralatan keselamatan di area wajib APD (Alat Pelindung Diri). Perpustakaan disini enak, adem ada AC nya, dan juga yang paling penting, wifi nya kenceng broo...

Carilah referensi laporan sebanyak-banyaknya dan mulailah cicil mengerjakan laporan agar tidak menumpuk di belakang. Ambillah ilmu sebanyak-banyaknya pada saat KP.
Sekian dari saya, Semoga bermanfaat. Wassalam
8 Komentar untuk "Kerja Praktek PT. Petrokimia Gresik"

Gue jadi iri sama elu bro :( pengen kuliah lagi rasanya :'(

ya kesini bro, gua tunggu

Ada kontak CS yang bisa dihubungi untuk tanya2 terkait KP? Mohon bantuannya. Terimakasih

Ada kontak CS yang bisa dihubungi untuk tanya2 terkait KP? Mohon bantuannya. Terimakasih

Ada kontak yg bisa d hubungi terkait kp ?

Ada kontak yg bisa d hubungi terkait kp ?

cari nonya di web aja . ntr langsung di tlp bisa kok . saya habis nanya

Back To Top