Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

"com.android.phone telah berhenti" , Tenang ! Ini solusinya

Smartphone pada masa ini sudah menjadi tren bahkan menjadi kebutuhan bagi beberapa kalangan seperti pebisnis, mahasiswa, dosen dan lain-lain. Namun, apa yang anda rasakan dan apa yang terjadi apabila tiba-tiba Smartphone anda bermasalah dengan menampilkan tulisan "com.android.phone telah berhenti" . Pasti sangat menjengkelkan bukan, tulisan tersebut terus menerus muncul sehingga kita tidak bisa menggunakan smartphone karena tulisan tersebut menghalangi touchscreennya. 
1
Tapi jangan risau, jangan buru-buru menjual smartphone kesayangan anda dulu, saya akan berbagi pengalaman ketika saya mengalami hal itu. Baik, simak baik-baik tips berikut ini !.

Pertama ... Jika smartphone anda muncul tulisan "com.android.phone telah berhenti", ada kemungkinan perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan perintah panggilan tidak berfungsi dengan baik, jadi smartphone anda tidak bisa dipakai untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan. Cobalah matikan smartphone anda dahulu selama beberapa jam, kemudian nyalakan kembali setelah beberapa jam. Biasanya cara ini bekerja, jika memang berhasil, jangan sekali-kali anda buka menu panggilan sebelum anda perbaiki dengan benar.

Kedua ... Tips kedua ini saya dapatkan dari beberapa pengalaman teman-teman saya. Namun, terkadang cara ini tidak berhasil, dan tidak ada salahnya juga untuk anda coba. Caranya yaitu dengan mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan pabrik. Secara otomatis data-data yang anda simpan di penyimpanan internal akan hilang. Agar tidak hilang, anda dapat memindahkan data-data penting anda ke penyimpanan eksternal ponsel (SD card). Kedua cara ini tidak dipungut biaya alias gratis, karena anda dapat melakukannya sendiri. Tapi terkadang hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Tapi tenang, saya kasih satu cara lagi yang dijamin berhasil ...

Ketiga ... Jika cara-cara di atas sudah anda coba dan tidak menunjukkan hasil yang diharapkan, masih ada satu cara lagi yang terbukti ampuh ... apakah itu? bagaimana caranya?
Cara yang saya maksud adalah dengan install ulang OS android anda. Itu yang saya lakukan ketika musibah ini menimpa Smartphone nokia X2 saya. Kebetulan OS nokia X2 ini mirip android, tapi bukan android. Install ulang OS android ini bisa anda lakukan sendiri di rumah jika anda tahu caranya, atau anda juga bisa membawanya ke tukang servis hape terdekat, atau jika anda masih ragu-ragu anda bisa membawanya ke dealer resmi atau care centre handphone anda. Biaya yang harus anda keluarkan untuk install ulang ini relatif sama, berkisar 150 ribuan saja, dan masalahpun selesai. 

Setelah saya perbaiki kemarin, saya sempat bertanya pada tukang servisnya, dia bilang hal ini sudah banyak terjadi pada smartphone android, biasanya penyebab paling umum untuk masalah ini adalah virus. Virus ini bisa menjangkiti lewat aplikasi-aplikasi yang anda install lewat store atau google play. Saran saya, gunakanlah aplikasi-aplikasi yang bermanfaat saja dan anda perlukan, jangan menginstall aplikasi sembarangan dari sumber yang tidak terpercaya. Ingat, aplikasi di google play juga tidak menjamin bahwa aplikasi itu aman. Dan jika perlu, pasanglah aplikasi antivirus di smartphone anda. Oke sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung. Oh ya, jika teman anda punya masalah serupa, jangan ragu untuk memberi tahu bahwa di blog saya ini ada tips jitu untuk mengatasinya, hehehe
0 Komentar untuk ""com.android.phone telah berhenti" , Tenang ! Ini solusinya"

Back To Top