Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Tips Hidup Hemat dan Barokah

Kalian mahasiswa ? Atau kalian anak kos ? Siapapun kalian, kalian pasti sedang mencari cara atau tips untuk berhemat.
1
Dalam postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk hidup hemat. Tips ini saya terapkan sehari-hari karena saya memang mahasiswa sekaligus anak kos yang harus menghemat uangnya agardapat hidup sejahtera di kemudian hari, hahaha ...
Perlu diketahui juga teman-teman bahwa irit dan pelit itu adalah hal yang berbeda. Jadi jangan sampai gaya hidup hemat ini melampaui batas hingga terbilang orang yang pelit. Oke langsung saja, berikut tips-tips hidup hemat ala admin grahakamal.blogspot.com ... cekidot !

Utamakan Kebutuhan daripada Keinginan
Hal ini adalah poin yang sangat mendasar sebagai bekal anda untuk hidup hemat. Jika anda mengerti maksud dan perbedaan keduanya, maka anda akan lebih mudah untuk menjalankan poin-poin yang berikutnya. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi, dan apabila tidak dipenuhi akan menyebabkan kerugian bagi kita sendiri. Kebutuhan pun dibagi menjadi 3, yaitu kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang sifatnya wajib dipenuhi, contohnya makan dan minum. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak terlalu wajib dipenuhi, contohnya jalan-jalan dan hiburan. 

Masak sendiri agar lebih hemat
Bagi anak kos, akan jauh lebih hemat uang apabila kalian membeli bahan makanan sendiri seperti beras kemudian dimasak sendiri, daripada harus membeli nasi bungkus di warung makan. Keuntungan apabila kita masak makanan sendiri adalah, kita dapat makan dengan porsi yang kita inginkan, dan tentu saja seperlunya alias tidak rakus. Jika kalian rakus, maka usaha kalian untuk berhemat GAGAL TOTAL. Upayakan agar kalian makan maksimal 3 kali sehari dan tidak kurang dari 2 kali sehari. Misalnya saja kalian hanya masak nasi saja, sedangkan untuk lauknya kalian membeli gorengan atau masakan di warung, biaya yang kalian keluarkan untuk membeli lauknya saja akan lebih murah dibandingkan beli nasi+lauknya. 

Selalu bawa air botol kemana-mana
Mengapa harus begitu? tentu saja ... Kalian ingin berhemat bukan? Dengan membawa air botol dari rumah atau kos, kalian secara tidak langsung menghemat uang kalian untuk membeli air mineral botolan di toko-toko atau warung. Bayangkan saja, sayang sekali uang yang kita gunakan untuk membeli air mineral botolan di warung, sedangkan air di rumah kita melimpah, kan lebih baik bawa sendiri dari rumah ...

Manfaatkan WiFi gratis
Bagaimana dengan tugas? Bukankah kita butuh koneksi internet agar kita bisa cari informasi di internet... Yah, kalau hanya butuh informasi, silahkan kalian kunjungi perpustakaan, disana banyak sekali informasi yang bisa dijadikan referensi tugas kalian. Dan jika memang butuh koneksi internet, kalian bisa gunakan koneksi wifi gratis di perpustakaan kampus atau sekolah kalian.

Jangan lupa SEDEKAH
Poin terakhir sebenarnya adalah poin yang paling penting dan sangat penting. Mengapa? Bukankah uang kita akan berkurang jika bersedekah?
TIDAK !!! Hilangkan anggapan bahwa uang kita akan berkurang apabila kita bersedekah. Justru uang kita akan bertambah karena Allah SWT sudah berjanji akan mengganti uang yang kita sedekahkan menjadi 10 kali lipat. Dan Allah tidak pernah mengingkari janjiNya. Selain itu, bersedekah merupakan simbol tali persaudaraan dan jiwa sosial yang kuat antar umat manusia, dengan bersedekahpun kita dijanjikan pahala yang melimpah, dijauhkan dari bencana dan panjang umur. Bersedekahlah pada orang fakir miskin, masjid, panti asuhan dan lain-lain yang membutuhkan. Insyaallah rejeki yang kita dapat menjadi rejeki yang bersih dan barokah.

Baiklah, sekian tips hemat dari saya, setidaknya saya sudah berbagi apa yang saya kerjakan sehari-hari, dan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Akhir kata dari saya, wassalam ... 
0 Komentar untuk "Tips Hidup Hemat dan Barokah"

Back To Top