Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Mari Mengenal Arduino

1
Apa itu Arduino ?

Arduino adalah sebuah perangkat mikrokontroller yang bersifat Open Source, dirancang untuk memudahkan setiap penggunanya dari berbagai kalangan. Hardware nya memiliki prosesor Atmel AVR pada umumnya, dan juga memiliki bahasa pemrograman sendiri. Karena Arduino bersifat Open Source, maka siapapun dapat membuat tiruan arduino dengan mengunduh skematik rangkaian arduino. 

Siapa penggagas Arduino ?

Menurut sumber yang saya baca, Wikipedia.com, Arduino awal mulanya berasal dari thesis Hernando Barragan di Institute Ivrea, Italia pada tahun 2005 yang kemudian dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles dan diberi nama "Arduin of Ivrea", yang pada akhirnya diganti dengan nama Arduino yang berarti teman yang berani. 
Tujuan awal membuat Arduino ini adalah untuk membuat perangkan yang mudah dan murah, dari perangkat yang ada saat itu. Dan perangkat itu ditujukan untuk para pelajar yang akan membuat perangkat desain dan intraksi.
Saat ini arduino terus dikembangkaan oleh Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambetti. Mereka mengupayakan 4 hal dalam Arduino, antara lain:
  1. Harga terjangkau
  2. Kompatibel atau dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti windows, linux dll.
  3. Sederhana, dengan bahasa pemrograman yang bisa dipelajari siapa saja bahkan orang awam sekalipun dan non-teknik.
  4. Open Source, hardware dan software.
Apa saja jenis Arduino yang biasa dipakai?

a. Arduino UNO
2

Arduino UNO ini adalah jenis arduino yang paling banyak digunakan, terutama untuk pemula disarankan memakai Arduino UNO untuk belajar. 

b. Arduino MEGA
3

Dari segi fungsi sama dengan arduino UNO, namun bedanya terletak pada chip yang digunakan. Chip MEGA memiliki lebih banyak port daripada UNO yang memungkinkan pembuatan aplikasi yang lebih handal.

c. Arduino Nano
4

Sama dengan namanya, nano memiliki ukuran yang lebih kecil daripada UNO dan MEGA. Tapi meskipun kecil, nano sudah memiliki banyak fasilitas dan dilengkapi dengan FTDI untuk pemrograman lewat USB micro.

d. Arduino Mini
5

Fasilitasnya sama dengan nano, tapi tidak dilengkapi micro USB untuk pemrograman.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis arduino yang lain seperti arduino Leonardo, arduino due, dan lain-lain. Tapi saya hanya menjelaskan jenis arduino yang biasa dipakai saja. Untuk download Software Arduino, silahkan klik disini !

Baik, cukup sekian dulu,semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat. Terima Kasih sudah berkunjung ...
Tag : Artikel, techno
0 Komentar untuk "Mari Mengenal Arduino"

Back To Top