Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Topologi Jaringan-Jaringan dan Komunikasi Data

1
Perkembangan teknologi saat ini sudah jauh berkembang dari sebelumnya. Mulai dari komputer, jaringan hingga otomotif. Kali ini saya akan menuliskan artikel tentang topologi jaringan. Mungkin bagi sebagian orang sudah pernah mendengar tentang apa itu topologi jaringan, namun saya yakin masih banyak yang belum mengetahui hal ini.
Topologi adalah suatu cara atau metode untuk menghubungkan beberapa atau bahkan banyak komputer sekalipun. Ada banyak metode topologi yang dipakai saat ini, mulai dari topologi bus, topologi ring, topologi star, topologi mesh dan topologi tree. Pengertian dari masing-masing topologi akan saya jelaskan nanti di bawah.
Topologi yang berbeda tersebut tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda mulai dari segi kecepatan hingga biaya yang dihabiskan untuk pemasangannya. Setiap topologi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun perinciannya sebagai berikut:

1. TOPOLOGI RING
Topologi ring adalah suatu keadaan dimana setiap komputer dihubungkan dengan komputer lainnya hingga kembali lagi ke komputer yang pertama. Hubungan antara komputer satu dan yang lainnya membentuk lingkaran dan mirip seperti cincin, maka dari itu topologi ini dinamakan topologi ring.

Kelebihan topologi ini adalah kemudahan dalam pemasangannya. Pemasangan yang seperrti ini hanya memerlukan sedikit kabel LAN hingga bisa menghemat biaya pemasangan.
Kekurangan dari topologi ring adalah sangat mudah terjadi error apabila salah satu kabel mengalami gangguan.

2. TOPOLOGI BUS
Topologi jenis ini tersusun rapi membentuk seperti antrian dan hanya menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung dengan konektor BNC. Serta kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.

Kelebihan topologi bus hampir sama dengan kelebihan yang ada pada topologi ring. yaitu sedikitnya kabel yang diperlukan hingga dapat menghemat biaya pemasangan.
Kelemahan  yang ada pada topologi jenis ini yang sering terjadi adalah jika terjadi gangguan pada suatu komputer dapat mengganggu jaringan komputer lain serta sulitnya mendeteksi suatu gangguan. Masalah yang lain adalah seringnya terjadi antrian data dan harus menggunakan repeater jika jaraknya terlalu jauh.

3. TOPOLOGI STAR
Sesuai dengan namanya, hubungan atau koneksi kabel pada topologi ini membentuk bintang. Hal ini dikarenakan setiap komputer disambungkan ke sebuah hubungan switch melalui kabel UTP, sehingga hub/swicth lah yang bertugas untuk mengatur lalu lintas data. Jadi misalkan komputer 1 ingin mengirimkan data ke komputer 4, data dari komputer 1 akan melewati switch terlebih dahulu, kemudian akan diteruskan langsung ke komputer 4 tanpa melalui komputer lainnya.

Kelebihan  dari topologi yang satu ini adalah sangat mudahnya mendeteksi komputer yang mengalami gangguan, mudah dalam panambahan dan pengurangan komputertanpa mengganggu yang lain serta keamanan data yang lebih tinggi.
Kelemahan dari topologi star adalah biaya yang lebih mahal dibanding topologi ring dan bus. Hal ini dikarenakan memerlukan kabel yang lebih banyak dan switch. Selain itukestabilan jaringannya sangat tergantung pada switch/hub, jika terjadi gangguan pada hub/switch, maka seluruh jaringan komputernya akan terganggu.

4. TOPOLOGI MESH
Setiap komputer terhubung dengan suatu kabel tunggal, sehingga data yang dikirimkan akan mencapai langsung ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain tanpa melalui hub/switch.

Kelebihan dari topologi jenis ini adalah pengiriman datanya yang cepat dan tidak mengganggu jaringan komputer lainnya apabila terjadi gangguan.
Kekurangan nya terletak pada biaya yang dibutuhkan karena memerlukan kabel dalam jumlah yang banyak serta setiapkomputer harus memiliki port I/O yang banyak pula. Selain itu pemasangannya yang rumit juga menjadi kendala pada topologi jenis ini.

5. TOPOLOGI TREE
Dinamakan topologi tree karena struktur pengkabelannya membentuk pohon. Topologi tree ini merupakan gabungan dari beberapa topologi star dan topologi bus. Jadi setiap topologi star dihubungkan dengan topologi bus.

Kelebihan dari topologi tree adalah lebih mudah dalam menemukan suatu gangguan dan juga mudah dalam perubahan jaringan apabila diperlukan.
Kekurangan dari topologi ini adalah terlalu banyak kabel yang digunakan mengakibatkan seringnya mengalami tabrakandan lambat, jika terjadi gangguan atau masalah pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah juga akan mengalami masalah.

Demikianlah artkel teknologi tentang topologi jaringan. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.
Tag : Artikel, techno
2 Komentar untuk "Topologi Jaringan-Jaringan dan Komunikasi Data"

wah blognya sama nih gan templatenya , kalau menurut saya lebih bagus kalau masing-masing topologi memiliki Gambar gan biar lebih jelas orang orang melihatnya :D Gan blognya udah ane folloe , follow balik yah :D Salam sukses selalu

http://game4tm.blogspot.com/

informasi yang sangat bermanfaat, saya setuju dengan Ufieklz 4TM. sebaiknya pake gambar, biar lebih jelas perbedaan antara topologynya :) terimakasih ...

Back To Top