Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga resmi sekaligus menjadi seni bela diri khas Indonesia.
Pencak silat sendiri memiliki banyak macam dan ragamnya. Hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki gaya bela diri yang berbeda. keadaan alam sangat memengaruhi gaya dari masing-masing daerah.
Seperti contoh daerah pegunungan yang kuda-kudanya kuat. Selain itu, ada beberapa jenis pencak silat yang gerakannya memang diadopsi dari gerakan hewan seperti macan atau harimau.
Banyak perseps yang salah mengenai pencak silat. Pencak silat dianggap kegiatan yang mengundang kekerasan dan identik dengan pertengkaran. Akan tetapi sebenarnya pencak silat adalah salah satu cara kita untuk membela diri.

Dari kata membela diri dapat ditarik pengertian bahwa ilmu bela diri tersebut tidak kita gunakan untuk mengacau, membuat keributan atau menindas orang lain. Akan tetapi hanya digunakan ketika kita membutuhkannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Pencak silat mempunyai unsur yang tidak dapat terpisahkan, yaitu ketangkasan dan keselarasan gerakan tubuh. Ketangkasan adalah suatu hal penting dalam pencak silat. Semakin banyak pengetahuannya maka semakin tinggi pula ilmu bela diri yang dia miliki. Ketangkasan digunakan untuk dapat membaca gerakan lawan yang nantinya gerakan tubuh akan menyesuaikan gerakannya.

MANFAAT BELAJAR PENCAK SILAT
Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dalam memelajari pencak silat, diantaranya adalah kesehatan jasmani dan rohani. Jasmani kita akan dilatih sedemikian rupa sehingga tercipta sikap yang sempurna sebagai seorang insan. Selain jasmani, rohani kita juga akann ikut dilatih. Dengan mendalami ilmu beda diri ini, kita dilatih menjadi orang yang rendah hati dan suka menolong, berbudi pekerti luhur dan memperbaiki etika kita sendiri. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang dapat kita serap dari mempelajari senni bela diri pencak silat.
Tag : Artikel, Sport
1 Komentar untuk "Pencak Silat"

salah satu kebudayaan yang perlu di lestarikan mantap gan

Back To Top