Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Tips Merawat Baterai Laptop

1
asem-manishidup.blogspot.com - Seperti yang kita ketahui, baterai laptop tidak sama dengan baterai handphone pada umumnya. Baterai laptop memiliki pekerjaan yang lebih berat daripada baterai HP. Oleh karena itu, baterai laptop sangat rentan untuk rusak. Hal ini dikarenakan oleh penggunaan yang tidak tepat serta tidak tahu cara merawatnya.
Kerusakan yang sering terjadi adalah berkurangnya kinerja baterai. Ini ditandakan dengan semakin singkatnya waktu untuk pemakaian laptop dengan baterai. Lain kata, baterai akan cepat habis.

Berikut ini adalah cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak:

JANGAN MENGISI SAMBIL MEMAKAI
Hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna adalah memakai laptop sambil mengisi ulang baterainya. Hal ini dapat memicu kerusakan pada baterai laptop, karena baterai laptop bekerja 2 kali lebih keras dari biasanya, yaitu mengisi ulang dan pemakaian oleh user.


JANGAN MENGISI BATERAI TERLALU PENUH
Mengisi ulang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai laptop. Hal ini dikarenakan komponen yang ada pada baterai laptop tidak mampu menampung daya yang melebihi kapasitas maksimum baterai.

ISI ULANG NORMAL
Isilah baterai sebelum baterai benar-benar habis. Dengan kata lain jangan sampai terlambat mengisi baterai laptop. Saya sarankan agar mengisi laptop ketika daya baterainya masih >20%.


PAKAI CHARGER YANG SESUAI
Faktor charger yang tidak tepat juga dapat menimbulkan kerusakan pada baterai laptop. Oleh karena itu pakailah charger laptop yang memang khusus untuk laptop tersebut.


Demikianlah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga baterai laptop tetap dalam kondisi prima. Semoga bermanfaat.
Dan jika ada yang ingin menambahkan silahkan tambahkan pada kolom komentar.
Terima kasih.
0 Komentar untuk "Tips Merawat Baterai Laptop"

Back To Top